Home » » Joseph stalin (1879-1953)

Joseph stalin (1879-1953)



Pendahuluan
Joseph stalin yang mempunyai nama asli Iosif Vissarionovich Dzhugashvili lahir pada tanggal 18 December 1879 di kota Gori, Georgia. Dilahirkan di lingkungan keluarga yang miskin, orang tuanya yang hanya sebagai pekerja kasar. . ibunya hanya seorang buruh cuci dan ayahnya Vissarion Dzhugashvili adalah seorang tukang sol sepatu dari desa yang kemudian menjadi karyawan di kota. ayahnya yang suka mabuk dan memukul meninggal dunia pada tahun 1891 ketika stalin berusia belasan tahun. josep stalin mengahadapi masa kecil yang begitu keras sehingga menjadikan dirinya menjadi orang yang tangguh dan etos kerja tinggi.
 Masa mudanya, Iosif belajar di sekolah gereja di kota Gori dan sesudah menginjak umur belasan dia masuk seminari teologi di Tiflis dengan beasiswanya. Tetapi, tahun 1899 dia keluarkan dari seminari sekolahnya, karena dituduh “menyebar pikiran-pikiran subversif (bertujuan menggulingkan atau merusak).” Kemudian  ia memutuskan untuk bergabung dengan gerakan Marxis bawah tanah di Tpilisi, tatkala ada perpecahan dalam tubuh partai, dia memihak kelompok Bolshevik.
Dia menikah dengan Ekaterina "Kato" Svanidze (1885-1907) tahun 1904, tetapi tiga tahun sesudah itu istrinya meninggal akibat mengidap penyakit paru-paru. Anak satu-satunya Jacob– ditangkap Jerman waktu Perang Dunia ke-2. Jerman mengajukan tawaran pertukaran tetapi tawaran itu ditolak Stalin, dan matilah Jacob dalam kamp konsentrasi. Stalin kawin untuk kedua kalinya dengan Nadezhda "Nadya" Alliluyeva (1901-1932) putri revolusioner rusia pada tahun 1919. Istri keduanya ini pun meninggal dunia tahun 1932. Ada berita dia bunuh diri, tetapi desas-desus lain bilang Stalinlah yang bunuh atau setidaknya membiarkan dia terbunuh. Ada dua anak dari perkawinan kedua ini. Anak laki-lakinya, seorang perwira Angkatan Udara Rusia, menjadi pemabuk, dan mati tahun 1962. Anak perempuannya, Svetlana, diusir dari Uni Soviet dan di tahun 1967 datang di Amerika Serikat.
 Social dan Politik
            Di dalam pergerakannya pada tahun 1901 dia dipilih untuk menjadi anggota comite Tpisili dari partai pekerja demokratik sosial. Akan tetapi pada tahun-tahun berikutnya dia ditangkap, dibuang, dipenjara ke Siberia. Pada tahun 1904 dia melarikan diri dari Siberian dan gabung kembali ke marxist bawah tanah
            Pada tahun1912 ketika lenin diasingkan di Switzerland, joseph stalin ditetapkan untuk menjalankan komite pusat pada partai Bolshevik. 3 tahun kemudian, november 1917, partai bolshevik menjadi kekuatan besar di Uni soviet. Stalin menjadi sekretaris umum partai bolshevik pada tahun 1922, hal tersebut merupakan tugas yang memungkinkan dia mengangkat sekutu-sekutunya untuk menjabat tugas di pemerintahan dan berkembang sesuai dengan dasar dukungan politik. Setelah kematian lenin pada tahun 1924, akhirnya mengakali lawannya partai dari oposisi sayap kiri (Trotsky, Kemenev, dan Zinoviev) dan oposisi sayap kanan dan memenangkan kekuasaan untuk mengontrol partai komunis. Menjelang awal tahun 1930-an beliau sudah menjadi dictator tunggal di Uni Soviet
           
            Joseph Stalin merupakan salah satu pemimpin dictator yang paling kuat dan kejam dalam sejarah, Beliau adalah penguasa tertinggi di Uni Soviet selama kira-kira seperempat abad. Pada masa rezimnya yang penuh dengan terror menyebabkan banyak terjadi kematian, penderitaan dan penindasan. Diperkirakan sekitar 20 juta korban, termasuk 14,5 juta mati sia-sia karena kelaparan, 1 juta orang dihukum mati karena pelanggaran politik,  9,5 juta lebih dideportasi, diasingkan atau dipenjara di kamp-kamp kerja, dan 5 juta dikirim ke Gulag Archipelago. Lain tempat memperkirkan 28 juta yang dideportasi dan 18 juta dikirim ke Gulag.
Stalin mengikuti ideology Vladmir Lenin mengenai sentralisasi dan partai yang kuat. Tahun 1903 Stalin bergabung dengan Bolshevik sebagai penggalang dana untuk revolusi. pengalaman praktisnya dalam gerakan marxis bawah tanah membuatnya berguna dalam partai Bolshevik Lenin. Berulang kali beliau keluar masuk penjara, kemudian tahun 1913-1917 diasingkan di Serrbia.
Tahun 1917 terjadi Revolusi Bolshevik, meskipun Stalin tidak memegang peranan penting dalam revolusi tersebut, tapi dalam masa dua tahun berikutnya beliau sangat aktif , tahun 1922 beliau diangkat menjadi Sekretaris Jendral partai komunis. Kedudukan ini memberikan kesempatan luas baginya menggunakan pengaruh jalannya administrasi partai dan sekaligus merupakan factor utama dalam pergulatan menuju puncak kekuasaan. Setelah
Dari kedudukannya yang penuh kuasa ini, mulai tahu 1934 Stalin melakukan serentetan pembersihan, memerintahkan pembunuhan kepada lawan-lawan politiknya terutama kader-kader tua partai Bolshevik. Motif utamanya adalah membuka kemungkinan untuk mendirikan satu kekuatan yang berdiri sendiri didalam negeri.
Pada 23 Agustus 1939 Uni Soviet dan Jerman menandatangani perjanjian “non aggression” (perjanjian untuk tidak saling menyerang), namun Jerman melanggar perjanjian dan menyerang Uni Soviet. Uni Soviet membalas serangan Jerman dan berhasil menduduki Berlin, sejak saat itu kekuasaan Uni Soviet semakin besar.
Pada 5 maret 1953 Stalin meninggal di istana Kremlin Moskow, karena pendarahan otak, ada juga yang mengatakan kalau beliau diracuni untuk menghentikannya dari memulai perang nuklir dengan Amerika Serikat. Setelah pemakaman, tubuh Stalin dibalsem dibaringkan di mausoleum Lenin di Lapangan Merah di Moskow, di samping tubuh Lenin. Pada 1956 - Stalin dan kebijakan-kebijakannya dikecam oleh Nikita Khrushchev, sekretaris pertama Partai Komunis, dalam sebuah "rahasia pidato" di kongres partai ke-20.
Ide dan Pemikiran
            Pemikiran Stalin tentang sosialisme yang memungkinkan membangun system komunis yang lengkap dalam suatu Negara. Guna menunjang pemikirannya itu Stalin memperlakukan kebijakan Negara mengambil kendali dari ekonomi, memperkenalkan program industrialisasi yang cepat, kolektivisasi sector pertanian, industri dan perdagangan dinasionalisasi serta peraturan social, politik dan kekuasaan berpusat pada Negara. Tahun 1930-an berjuta-juta petani yang tidak setuju dengan kolektivisasi dibunuh atau dibiarkan mati kelaparan.
             Stalin membuat kebijakan lima tahun rencana kerja untuk mengkoordinasi semua investasi dan produksi dalam negeri. Model Rencana pembangunan Lima tahunannya ini kemudian banyak diikuti oleh Negara-negara di luar Uni Soviet.

Konstribusi
                       
Pada akihr tahun 1920 joseph stalin meluncurkan planing jangka 5 tahun yang diharapkan dapat merubah uni soviet dari pertanian menjadi industri luar biasa. Dalam perkembangannya, dia memusatkan pada kontrol pemerintahan yang berkenaan dengan ekonomi negara dan memaksa kelompok-kelompok pertanian dalam hal ini pemerintah yang mengambil kebijakan untuk bercocok tanam.
  Dalam planning jangka 5 tahunnya Uni soviet dibawah stalin juga berefek dalam hal industri dan urbanisasi meningkat cepat. Walaupun militer memelukan pengosongan sumber daya yang berharga dan PD II merubah total dengan pengrusakan dan kematian banyak warga sipil akan tetapi, pada akhir masa kekuasaan stalin, uni soviet menjadi negara industri terpenting kedua di dunia.
Stalin juga membangun tempat pemujaan untuk pribadinya di uni soviet, warga dibangunkan kembali agar tetap mengakui kehormatannya, selain itu buku-buku sejarah uni soviet ditulis kembali untuk memberikan pemujaan lebih. Stalin merupakan subjek yang disanjung-sanjung dalam seni,kesusatraan, dan musik serta namanya menjadi bagian dari lagu kebangsaan. Pada masanya juga pemerintahan stalin juga mengontrol media uni soviet.
 Melalui kebijakan-kebijakan dan pemikiran Stalin itu membawa perubahan bagi Uni Soviet diantaranya adalah mengubah komunisme di Uni Soviet dari egaliter, gerakan revolusioner menjadi otoriter, system pemerintahan birokrasi. Mengubah Uni Soviet menjadi Negara industri besar guna mengalahkan Hitler dalam perang dunia dua, memperluas wilayah perbatsan Uni Soviet. Sedangkan bagi dunia, Stalin berpengaruh dalam menyebarluaskan komunisme ke seluruh dunia. Berkat beliaulah komunisme tertancap kuat di Negara-negara kecil eropa timur setelah perang dunia ke-2.

Komentar
            Dalam masa pemerintahan Stalin, Uni Soviet memang mengalami kemajuan yang besar dalam ekonomi dan industri, namun semua itu dilakukan dengan cara yang tidak manusiawi seperti perampasan, kekerasan, pemindahan paksa, pembunuhan serta penangkapan jutaan warga tidak bersalah untuk menjadi pekerja. Menurut saya, hal itu telah melakukan pelanggaran besar dalam Hak Asasi Manusia dan nilai yang mesti di bayar tidak sebanding dengan pencapaian yang didapatkan.
            Meskipun demikian, Stalin adalah seorang yang berkemapuan ulet, kuat, teguh pendirian dan mempunyai daya pikir yang kuatnya luar biasa. Bahkan bisa dibilang berkat kontribusi dari Stalin, Uni Soviet bisa mengalahkan Jerman pada masa kepemimpinan Hitler dalam perang dunia ke-2. Pada masa kepemimpinan Stalin, Uni Soviet menjadi salah satu Negara adi kuasa setelah Amerika Serikat.         

Daftar pustaka
Cohen, Stephen F. (1999). "Bolshevism and Stalinism." In Stalinism: Essays in Historical Interpretation, ed. Robert C. Tucker. New York: Transaction Publishers.
Davies, R. W., Mark Harrison, and Stephen Wheatcroft, eds. (1994). The Economic Transformation of the Soviet Union. Cambridge: Cambridge University Press.
Naimark, Norman M. (2001). Fires of Hatred. Ethnic Cleansing in Twentieth-Century Europe. Cambridge, Mass.: Harvard University Press.
Read, Christopher, ed. (2003). The Stalin Years. A Reader. New York: Palgrave Macmillan.

2 tanggapan:

  1. Kebijakan kontroversial yg diterapkan joseph stalin selama memimpin rusia adalah...
    Minta bantuannya. .

    BalasHapus
  2. keterlibatan stalin dlm perang dingin donk

    BalasHapus