Home » » Pertanian dan tehnologi

Pertanian dan tehnologi


 
                Perubahan zaman terjadi setiap waktu bahkan setiap detik dan juga perubahan tersebut sangatlah cepat waktunya. Tanpa kita sadari hal itu terjadi begitu saja, dan tentunya setiap perbedaan zaman mempunyai perbedaan dalam menjalankannya demi keterlangsungan hidup manusia.
                Sejarah telah mencatat dunia mengalami era yang berbeda: era agraris, era industry, yang mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya
Era agraris adalah masa sebelum tahun 1492, dalam era ini siapa saja yang mempunyai lahan pertanian yang banyak dialah yang dianggap kaya, karena dalam era ini manusia sangat bergantung pada sumber daya alam. Hasil pertanian yang mejadi dambaan setiap manusia pada waktu itu untuk bertahan hidup.
Kemudian setelah tahun 1492 muncul revolusi industry sejak di temukan mesin uap pertama kali, dan seiring berjalannya waktu, mesin-mesin tersebut digunakan untuk mempercepat proses produksi pertanian, sehingga bahan ataupun hasil dari pertanian dapat dengan cepat sampai ke tangan konsumen. Masih banyak tehnologi yang ditemukan demi pencapaian pertanian yang maksimal, terlebih pada akhir-akhir ini, dunia dihadapkan pada global warming (pemanasan global) mengakibatkan cuaca yang tidak menentu maka Tehnologi sangat membantu pertanian, salah satu contohnya adalah penemuan pendeteksi hujan oleh mahasiswa tehnik universitas terbaik UMY (universitas muhammadyah Yogyakarta), baik langsung ataupun tidak langsung tehnologi ini sangat membantu dalam proses produksi pertanian, dalam proses penjemuran padi, ataupun proses panen padi, bisa dibayangkan ketika padi yang hampir kering tapi tiba tiba hujan dengan intensitas tinggi mengguyur padi tersebut maka kerugian lah yang akan petani tanggung. Jadi adanya tehnologi seperti inilah sangat membantu para petani untuk memaksimalkan produknya dengan waktu yang singkat.
Juga pemaksimalan produk pertanian harus di tingkatkan seiring pembangunan yang semakin pesat seperti ini. Perubahan alih fungsi lahan dari pertanian menjadi gedung-gedung menjadikan hasil pertanian tidak seimbang dengan kebutuhan akan hasil pertanian. Secara analogi ketika kebutuhan meningakt haruslah hasil produksi ditingkatkan akan tetapi tidak pada pertanian. Lahan pertanian semakin sempit mengakibatkan hasil produksi juga sedikit maka dari itu tehnologi hadir untuk memenuhi kebutuhan hasil produksi yang terus meningkat.


3 tanggapan:

  1. pendapat anda sangat bagus dan menarik,,,,tulisan anda mudah untuk dipahami maknanya. semoga dengan dibuatnya tulisan ini, orang-orang diluar sana jauh lebih peduli dan berusaha memahami betapa pentingnya teknologi dalam pertanian dan lebih memahami bahwa keduanya sangatlah berhubungan.
    terimakasih atas postingan anda...
    semangat ya,,,!!!

    BalasHapus
  2. terima kasih juga ...karena sudah peduli dengan tulisan dari hasil apa yang saya pikirkan...tetapi saya akui bahwasannya tulisanku ini jauh dari kesempurnaan, go go go umy!!!!

    BalasHapus