Home » » Berbenahlah pendidikan di Indonesiaku !!

Berbenahlah pendidikan di Indonesiaku !!


!
                Penddikan adlah salah satu tolok ukur suatu bangsa. Bukan dari kuantiatas tpi kwalitas bangsa lah yang harus di pertimbangkan. Dengan pendidikan pula pasti dapat merubah nasib suautu bangsa . ingat ketika kita di jajah oleh bangsa lain, hal tersebut terjdi manakala bangsa kita yang belum banyak mengenyam pendidika. Sementara itu  kemerdekaan yang kita raih merupakan  hasil para orang orng yang terdidik pada zaman itu. Jadi pendidkan menjadi pondasi utama ketika Negara ingin maju atau terbebas dari penjajah.
Bagaimana menurut anda tentag pendidika di Indonesia? Mungkin sebagian besar menjawab mahal,biasa,rendah yang intinya memojokkan kwalitas pendidikan Indonesia jauh dari sempurna. Realita ataukah fiktif belaka? Mari kita tilik bersama.
Jika kita membandingkan dengan Negara peringkat 1 pendidikan didunia,Finlandia sangat lah jauh berbeda. Terutama tentag kualitas guru di Finlandia sangat berkualitas dan mempuyai kepelatihan yang baik. Guru merupakan profesi mulia dan dihormati. Mulai dari perekrutan guru yang ketat dan jujur. Sampai pengajaran yang megnedepankan ke aktifan siswa bukan keaktifan si guru. lulusan terbaik sma biasanya menadaftar ke sekolah sekloah pendidkan, 1 dari 7 pelamar yang bisa d terima. Sungguh pandangan berbeda dengan Negara kita tercinta.sebaigian besar di pasok dari lulusan sarjana yg berkwalitas seadanya ,dan juga si pelamar bisa masuk jika punya cukup uang alias kong kalikong.
Disisi lain cara pandang orang Indonesia pada umumnya guru atau pun pns merupakan pekerjaan yang bisa menjamin hidup ketika kelak telah lansia. Pola pikir seperti inalah yang seharusnya kita benahi bersama. Alahkah lebih baiknya jika menjadi abdi Negara tak mjdi kan profesi guru atau pns menjadi lahan pencari uang sebesar besarnya karena akan meyeleweng dari tujuan awal.Jika ingin mendapat kan gaji atau uang sebagai first purpose bukan menjadi abdi Negara melain kan bisnis man atau yang lain.yang intinya menjadikan profit sebagai tujuan utama.
Terlepas dari itu Indonesia dalam bidang pendidikan kami yakin akan lebih cemerlang dengan bercermin peringkat 1 dunia dan bebenah dalam berbagai aspek kependidikan.
Pembnahan perekrutan guru, syarat harus lulus sarjana tidak mejadi syarat sebagai guru tetapi kwalitaslah yg jdi kunci utama dalam perekrutan. Lulusan sarjana tidak mejamim bahwa guru itu mpy kwalitas bagus. Banyak orang orang ber talenta top untuk menjadi guru walaupun belum megenyam  bangku kuliah. Bagi siapa saja yang mampu dalam mendistribusikan ilmu itulah guru. Sebagian besar orang indonnseia brpandagan bahawa guru harus lulus sarjana adalah pandagagan yag kurang tepat, jadi siapapun yang bisa     menjadikan kita tahu tentang informasi atau ilmu maka kita bisa kataka orang tresbut guru.toh yang kita serap adalah ilmu nya bukn title nya.
Pembelajara yang kurang menarik menjadikan siswa ogah untuk merima pelajaran, jika guru ataupun buku kurang menjdikan semangat belajar siswa hanya bosan dan males menelaah pelajaran. Ketika dalam pembelajaran guru yang kretif serta bersabat dengan siswa lah yang sebagian besar pembelajaran tersebut berhasil.karena disampig pelajaran mnjadi menarik, siswa akan lebih suka menceritakn masalah yag d hadapinya freely. Kebanyakan guru yang killer akan di ancam atau dihindar oleh siswa. Perbedaan mencolok antara guru dan siswa akan menjadikan pembelajaran tertanggu.’’aku guru kamu siswa jadi apapun yang saya suruh dan katakan adalah benar,kamu hrus menurut’’ menjadi jurang pemisah.ketika komunikasi antara siswa dan guru terjalin maka semua saling mendukung terciptanya pembelajaran yang baik dan efektif.

Tidak menggenjot siswa dalam belajar berbagai bidang study. Mempelajri banyak bidang study hanya akn memecahkan kosentrasi siswa,jika kita inagt kembali pada waktu sma kita belajar molekul atom.apakah sekarnag kita membutuhkan kan itu? Ya mugkin untuk ahli kimia btuh tpi secara gris besar nya saja. Sebaigian besar kita g membtuhkan itu. Jadi telah terbuang waktu yang seharunya bermannafat. focus ke bidang study yang tepat guna dan efisien merupakan pembenahan pendidikan yang benar.
Ujian dan testing hanya megajarkan siswa untuk mendapat nilai. Siswa akan mencari jalan bagaimana mndapat nilai yang bgus secara instan. Dan perlu diketahui banyak aspek dalam pendidikan yang tidak hanya bisa di ukur dengan ujian. Penilaian proses pembelajran lah yag menjadi acuan nilai bukan dari nilai hasil. Jdi peniaadan ujian mjdikan langkah menuju pendidikan tepat pada tujuan awal.
Terlebih, mahal nya pendidikna sehingga hanya orang berduit lah mendapatkan pendidika layak mengakibatkan kurang nya pemerataa pendidikan dimana mana.ketika kita lihat jauh lebih dalam hanya kelas menengah keataslah yang mendapat pendidikan baik. Yang lain hanya mendapatkan pembelajaran yang ala kadarnya. Dan masalah seperti inilah perbedaan antara si miskin dan kaya terlihat .seharusnya kaca mata pendidkan harus melihat sama dalam hal ini.
Tentu dalam suatu pembelajaran ada beberapa siswa yang lambat dalam menerima pelajaran.hal itu harus menjadi prioritas lembaga pendidikan utuk memberikan dukungan intensif secara moral dan financial. Membuat kelas tambahan dengan mentor mentor terbaik atau tmen tmen yang bertprestasi di kelas sehingga terjadilah sisbiosis mutualisme antara siswa yang lambat dan cepat.
Semua bab  yag terpapar di atas mulai dari perekrutan guru, guru kretif , cara pandang terhaadap profesi guru, terlalu bayak  bidang study, penidaan ujian dan testing sampai penamabahan kelas bagi siswa yang lambat tidak lah menjadi nyata tanpa dukungan dari 4 aspek fundamental yakni;pemerintah guru, orangtua dan siswa.perlu adnya komunikasi antara ke empatmya. Tidak malah mencari kesalahn pihak lain. Intropeksi dan pembenahan bersama dari berbagai aspek kemudian mencari jalan keluar bersama merpakan dasar kemjuan pendidikan di indosesia, kami yakin pendidkan Indonesia pasti menemukan masa depan yang cemerlang

0 tanggapan:

Posting Komentar